Langsung ke konten utama

Westbike Messenger, jasa kurir sepeda Jakarta

Westbike Messenger. ©2016 Merdeka.com
Merdeka.com - Dalam sebuah foto, lelaki itu menggendong tas ransel di pundak. Dia mengendarai sepeda model fixie. Sesekali dengan lihai, pria mengenakan helm itu mengayuh pedal sepedanya. Tangannya sigap memainkan stang sepeda ketika menyalip sebuah mobil di tengah kemacetan. Kakinya pun sigap mengerem dadakan.

Pemandangan pria bersepeda fixie, mountain bike dan trial ini memang belakangan marak di jalan-jalan Ibu Kota. Gayanya hampir sama, hampir semua ditemui membawa tas ransel. Mereka adalah Westbike Messenger, kurir antar barang dengan menggunakan sepeda.


Adalah Hendi Rahmat, orang pertama kali membawa ide itu buat mendirikan sebuah perusahaan jasa kurir khusus antar barang dengan menggunakan sepeda. Agar kecintaannya kepada sepeda fixie tetap terjaga, Hendi yang juga Founder Westbike Messenger Service ini pun mulai putar otak. Dia pun sibuk mempelajari dan mencari informasi untuk menjaga konsistensinya akan kecintaan kepada sepeda fixie.

Melihat sepeda bisa dijadikan ladang bisnis, Hendi pun memulai langkahnya untuk melakukan hal sama seperti dilakukan di Amerika dan Eropa khususnya. "Lalu saya lihat di luar negeri, Amerika dan Eropa khususnya, sebagian besar pemain fixie itu mereka kemudian berprofesi sebagai bike messenger," ujar Hendi saat berbincang dengan merdeka.com beberapa waktu lalu.

Berangkat dari ide memanfaatkan sepeda untuk mencari uang pun lalu diterapkan Hendi. Dia lantas mempelajari konsep peluang bisnis bisa dihasilkan dari sepeda. Apalagi hingga saat ini, macet menjadi hantu paling menakutkan jalan-jalan Jakarta. Berangkat dari ide itu pun Hendi mulai menjejakkan kakinya buat menjalani bisnis ini.

Adalah Hamzah Mutaqqien akrab disapa Jeje, teman sekaligus kurir pertama Westbike Messenger. Awal mulanya, jasa kurir sepeda ini hanya mengantarkan dokumen dan barang. Enam bulan kemudian Hendi pun mulai melihat peluang bisnis ini begitu menjanjikan. Dia pun kemudian menawarkan konsep ini kepada temannya.

"Sampai akhirnya saya bertemu dengan sahabat saya. Saya ceritakan idenya hingga akhirnya dia tertarik dan ikut mengembangkannya bersama saya dan komunitas ini, walaupun saat itu modalnya juga sangat minim," ujarnya.

Keseriusan Hendi buat menjajaki bisnis ini pun membuahkan hasil. Pada tahun 2104, orderan buat mengirim barang dengan menggunakan jasa Westbike Messenger pun banyak. Sehari kala itu bisa misa mencapai 50 sampai 70 order kiriman barang. Pelanggannya pun dari berbagai kalangan mulai dari pengusaha jualan online sampai industri rumahan.

Buat menjamah para pelanggan-nya pun, kurir sepeda diperbanyak. Tercatat hingga kini ada sekitar 17 orang kurir bergabung di Westbike Messenger. Sedangkan untuk harga, sebelum melakukan bisnis ini, Hendi sudah melakukan kajian terlebih dahulu. Buat antar barang sampai di tangan pelanggan butuh waktu 1 jam 50 menit.

"Untuk jenis paket jasa diantaranya, kita ada paket VIP dan VVIP. Perbedaannya, VIP itu tarifnya Rp 50 ribu dan sampai ke penerima di hari yang sama, sementara yang VVIP itu tarifnya Rp 100 ribu dan jaminan sampai dalam 2 jam setelah barang dijemput kurir untuk diantarkan ke tujuan," tutur Hendi. [arb]
source : merdeka

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ringin Contong, Ikon Wisata Jombang

Bagi yang pernah melewati Kota Jombang pasti sudah mengetahui monumen yang menjadi ikon utama kota ini yakni Ringin Contong. Bangunan yang berdiri dipersimpangan jalan kota santri "Jombang Beriman" ini, ternyata memiliki kisah unik tersendiri. Tidak banyak orang mengetahui keunikan dan sejarah pada bangunan yang sudah lama berdiri di kota Jombang.  Cerita legendaris tentang Ringin Contong secara turun-temurun tersebar dimasyarakat. Alkisah ketika terjadi pengejaran Kebokicak terhadap Surantanu dan Banteng Tracak Kencana yang akan digunakan sebagai tumbal terkait munculnya pageblug/wabah penyakit yang sulit disembuhkan di daerah padepokan Pancuran Cukir, Kebokicak berteduh di bawah pohon raksasa. Setelah melihat langsung pohon raksasa itu akhirnya tempat persinggahan tersebut dinamakan Ringin Contong.

Coffee Shop Instagenik Terbaik di Surabaya

30 OKT 15 Coffee Shop Instagenik Terbaik di Surabaya –  Yuk temukan spot favorit untuk ngopi di Surabaya dengan interior yang menarik untuk feed instagram-mu. Saat ini tidak hanya secangkir kopi yang menemani santaimu, sudut cafe dengan desain unik jadi incaran. Berikut adalah 9 cafe yang memanjakan sekaligus cafe instagenik untuk foto selfie-mu.

24 Tempat Wisata Di Jombang Terbaru Yang Bagus Dan Hits

Kabupaten Jombang merupakan sebuah kabupaten yang berada di Jawa Timur, Kabupaten ini menyimpan sejuta pesona dan panaroma alam yang menakjubkan dan tersembunyi, sehingga masih banyak orang yang belum mengetahui akan keindahan dan tempat keren yang ada di Jombang. Jombang punya banyak Spot objek wisata keren, Mulai dari Situs budaya, situs bersejarah, spot foto foto kekinian, sampai air terjun yang sangat memanjakan mata. Jika Anda punya rencana untuk berlibur ke Jombang, Jangan khawatir akan keindahannya, Kabupaten ini menawarkan cukup banyak wisata pilihan untuk Anda dikunjungi. Selama ini Jombang jarang terdengar wisatanya, namun ternyata Kabupaten ini juga memiliki banyak tempat-tempat wisata yang keren yang tak kalah dengan wisata di Semarang, Jogja ataupun kota besar lainnya. Baiklah agar tidak panjang lebar, langsung saja ke titik tujuan artikel ini di buat, Artikel ini bertujuan Untuk memudahkan Anda menemukan tempat wisata di Jombang yang paling indah, Terbaru dan di