Langsung ke konten utama

Ringin Contong, Ikon Wisata Jombang


Bagi yang pernah melewati Kota Jombang pasti sudah mengetahui monumen yang menjadi ikon utama kota ini yakni Ringin Contong. Bangunan yang berdiri dipersimpangan jalan kota santri "Jombang Beriman" ini, ternyata memiliki kisah unik tersendiri. Tidak banyak orang mengetahui keunikan dan sejarah pada bangunan yang sudah lama berdiri di kota Jombang. 

Cerita legendaris tentang Ringin Contong secara turun-temurun tersebar dimasyarakat. Alkisah ketika terjadi pengejaran Kebokicak terhadap Surantanu dan Banteng Tracak Kencana yang akan digunakan sebagai tumbal terkait munculnya pageblug/wabah penyakit yang sulit disembuhkan di daerah padepokan Pancuran Cukir, Kebokicak berteduh di bawah pohon raksasa. Setelah melihat langsung pohon raksasa itu akhirnya tempat persinggahan tersebut dinamakan Ringin Contong.

Ringin Contong dalam budaya jawa memiliki makna beringin yang berbentuk kerucut. Memang pada masa itu bentuk dari pohon beringin ini mengerucut. Namun kini dengan bertambahnya usia pohon yang kian membesar dan memiliki daun serta ranting yang lebat, bentuk dari pohon ini pun membulat ke atas. Tetapi tetap saja warga jombang menyebutnya sebagai Ringin Contong.

Terdapat satu misteri yang meluas dimasyarakat sekitar. pertama pohon ini akan dipangkas, Sang Penebang tiba-tiba sakit keras dan menghadapi maut. Begitu pula rencana-rencana pemangkasan selanjutnya. Padahal mereka tidak bermaksud menebang, hanya memangkas untuk pemugaran taman. Sang penebang harus berpuasa selama 40 hari untuk ‘meminta izin’ kepada penunggu ringin conthong agar dibolehkan ‘meringkas’ pohon.

Disekitar Ringin contong terdapat Bangunan berbentuk menara air ini didirikan oleh Raden Adipati Arya Soeroadiningrt V pada 22 Februari 1910. Didalam area inilah terdapat dua pohon beringin yang sangat besar menjadi saru dengan menara air yang legendaris sebagai simbol pengayoman. Satu pohon beringin kunthing ditanam di depan pendapa, sedangkan satunya ditanam tepat di lokasi Ringin Contong sekarang.

Hal yang sangat menarik lainnya yakni Ringin Contong merupakan acuan titik nol jarak antar wilayah di kabupaten Jombang maupun antar kota dengan pusat kota santri ini. Ditetapkan sebagai acuan titik nol Jombang tanggal 20 September 1877. Kini ringin contong telah menjadi ikon kota pariwisata Jombang setelah penetapan pemilihan logo yang diadakan oleh Pemerintah Kabupaten Jombang dengan mengadakan lomba design logo pada 2014 yang lalu.

Betapa bangganya masyarakat Jombang memiliki monumen Ringin Contong yang menjadi ikon kota seperti halnya dibeberapa kota lain yang memiliki ikon seperti di Kota Surabaya dengan ikon Tugu Pahlawan, di Jakarta memiliki ikon Tugu Monas yang kesemuanya itu wajib dilestarikan dan diperkenalkan kepada generasi muda.

source : travepelago

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Coffee Shop Instagenik Terbaik di Surabaya

30 OKT 15 Coffee Shop Instagenik Terbaik di Surabaya –  Yuk temukan spot favorit untuk ngopi di Surabaya dengan interior yang menarik untuk feed instagram-mu. Saat ini tidak hanya secangkir kopi yang menemani santaimu, sudut cafe dengan desain unik jadi incaran. Berikut adalah 9 cafe yang memanjakan sekaligus cafe instagenik untuk foto selfie-mu.

24 Tempat Wisata Di Jombang Terbaru Yang Bagus Dan Hits

Kabupaten Jombang merupakan sebuah kabupaten yang berada di Jawa Timur, Kabupaten ini menyimpan sejuta pesona dan panaroma alam yang menakjubkan dan tersembunyi, sehingga masih banyak orang yang belum mengetahui akan keindahan dan tempat keren yang ada di Jombang. Jombang punya banyak Spot objek wisata keren, Mulai dari Situs budaya, situs bersejarah, spot foto foto kekinian, sampai air terjun yang sangat memanjakan mata. Jika Anda punya rencana untuk berlibur ke Jombang, Jangan khawatir akan keindahannya, Kabupaten ini menawarkan cukup banyak wisata pilihan untuk Anda dikunjungi. Selama ini Jombang jarang terdengar wisatanya, namun ternyata Kabupaten ini juga memiliki banyak tempat-tempat wisata yang keren yang tak kalah dengan wisata di Semarang, Jogja ataupun kota besar lainnya. Baiklah agar tidak panjang lebar, langsung saja ke titik tujuan artikel ini di buat, Artikel ini bertujuan Untuk memudahkan Anda menemukan tempat wisata di Jombang yang paling indah, Terbaru dan di